Bagaimana Jika Logo Provinsi di Indonesia Dibuat Jadi Bendera Sederhana

Bagaimana Jika Logo Provinsi di Indonesia Dibuat Jadi Bendera Sederhana




Indonesia, negara yang amat kaya dan memiliki banyak provinsi yang tersebar di berbagai pulau dari barat hingga timur, dari utara hingga selatan dan setiap provinsi memiliki logo masing-masing. Nah, bagaimana kalo setiap logo provinsi tersebut disederhanakan menjadi sebuah bendera provinsi (jadi mirip negara bagian sih) yang terinspirasi dari logonya.
Bendera ini hanyalah dibuat atas kreativitas desainernya yang terinspirasi dari logo perfektur-perfektur di Jepang lalu dibuat seperti bendera yang sangat sederhana, dan beliau mencoba untuk mengaplikasikannya di Indonesia. Jangan dianggap serius ya bray apalagi disangkutin ke SARA, ini cuma murni kreativitas dan dibuat have fun aja

Ya udah mau tau kayak gimana? Yuk langsung cekidot gan sis

The Provinces

Dimulai dari pulau paling barat yuk gan yaitu Pulau Sumatera

Provinsi di Pulau Sumatera:

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam


Warna hijau dan kuning diambil dari logo asal, lambang ditengah adalah Rencong dibentuk seperti huruf arab.

2. Provinsi Sumatera Utara


Terinspirasi dari Bendera Kesultanan Deli dimana terdapat dua buah perisai secara horizontal di sisi kiri bendera. Bentuk bulat dikelilingi panah disisi kiri bendera diambil dari logo asli, dan artinya adalah 5 aspek sumber utama di Sumut yaitu pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri.

3. Provinsi Sumatera Barat


Warna hitam merah kuning merupakan warna asli bendera Minang yaitu Bendera Marawa. Warna hitam artinya ketekadan, kepastian, dan akal budi. Warna merah artinya keberanian dan kuning artinya keagungan. Rumah gadang ditengah merupakan rumah adat asli Sumbar.

4. Provinsi Kepulauan Riau


Kuning merupakan corak bangsa melayu dan juga melambangkan keagungan dan kejayaan. Biru melambangkan geografi Provinsi Kepulauan Riau yang berupa kepulauan dan kekayaan bahari Indonesia. Kapal layar dan keris adaptasi dari logo aslinya.

5. Provinsi Riau


Provinsi Riau umumnya dihuni oleh suku melayu. Hal ini dilambangkan dengan warna kuning di bendera. Juga bermakna kejayaan dan kesucian. Warna hijau melambangkan hutan dan kekayaan alam yang banyak di Riau. Pedang melambangkan kepahlawanan dan warna putih melambangkan kejujuran dan kerendahan diri.

6. Provinsi Jambi


Logo berbentuk masjid diambil dari logo asli provinsi. Masjid ini memiliki 6 pintu, melambangkan tanggal lahir provinsi yaitu 6 Januari 1957. Warna kuning mengartikan kejayaan kerajaan melayu, merah dan biru diambil dari logo aslinya. Mirip-mirip Ekuador gan

7. Provinsi Bangka Belitung


Warna biru melambangkan perairan Selat Karimata yang meliputi Kepulauan Bangka Belitung dan kekayaan alam bahari. Warna putih melambangkan perdamaian dan keteguhan serta kekayaan alam mineral dengan berbentuk kepulauan Babel.

8. Provinsi Bengkulu


Warna kuning bunga rafflesia melambangkan afiliasi adat Bengkulu dengan melayu, melambangkan kejayaan dan kesucian. Warna hijau dan biru diambil dari lambang provinsi melambangkan kesuburan tanah dan kekayaan bahari yang melimpah.

9. Provinsi Sumatera Selatan


Warna hijau diambil dari warna asli logo provinsi. Bunga teratai diambil dari kerajaan Sriwijaya dan logo didalamnya diaplikasikan dari logo asli.

10. Provinsi Lampung


Warna merah kecoklatan pada bendera bermakna kebudayan khas lampung. Diatas terdapat siger yaitu mahkota pengantin wanita yang juga melambangkan 9 marga yang ada di Lampung. Dibawahnya terdapat kapal khas Lampung, yang biasa muncul di ornamen dan batik khas Lampung.




Provinsi di Pulau Jawa:

1. Provinsi Banten


Warna hijau melambangkan islam iman dan taqwa, prinsip Provinsi Banten. Juga melambangkan kesuburan. Warna abu pekat melambangkan gunung sebagai kondisi geografis banten dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Di tengah diberikan Gapura Aibon seperti logo aslinya.

2. Provinsi DKI Jakarta


Warna biru diambil dari warna dasar logo aslinya, rasanya pas dengan ditambah Monas sebagai ikon provinsi ini ditengah dengan pucuk emas.

3. Provinsi Jawa Barat


Simbol terbesar di lambang asli pemprov adalah Kujang, senjata tradisional masyarakat Sunda, maka diadopsilah ke bendera. Corak bendera mengikuti alur sungai terusan dan petak-petak yang ada di bawah lambang provinsi. Melambangkan pola hidup umum masyarakat di Jawa barat.

4. Provinsi Jawa Tengah


Hijau melambangkan keadaan alamiah Jateng dengan berbagai kekayaan alam. Kuning kecoklatan melambangkan budaya jawa, batik, tepa selira dan kesejahteraan. Biru melambangkan laut yang membatasi Jateng di utara dan selatan. Sedangkan sudah jelas ditengah adalah Candi Borobudur yang merupakan ikon terkenal di Jawa Tengah.

5. Provinsi D.I. Yogyakarta


Seperti Jateng, warna kuning kecoklatan melambangkan budaya jawa, batik, tepa selira, dan kesejahteraan karena warna ini khas untuk daerah Jawa. Ditengah diambil ikon Tugu lengkap dengan ukiran dan sayapnya bersama lingkaran merah dibelakang sesuai dengan logo aslinya.

6. Provinsi Jawa Timur


Provinsi dimana ane dilahirkan
Warna kuning kecoklatan masih menjadi warna dasar bendera dan memiliki arti sama seperti diatas. Ditengah terdapat ikon Tugu Pahlawan dengan Gerbang Candi. Lalu dibawahnya terdapat perisai bergerigi seperti logo aslinya yang melambangkan kemajuan pesat Jatim dalam industri.




Provinsi di Pulau Kalimantan:

1. Provinsi Kalimantan Barat


Warna hijau berarti warna untuk Pulau Kalimantan sebagai Zamrud Khatulistiwa. Lambang Talawang dibikin lebih polos dari logo aslinya dengan keris dan mandau menyilang.

2. Provinsi Kalimantan Tengah


Warna dasar hampir mirip dengan Kalbar, cuman jika Kalteng diberikan Burung Rangkok ditengah karena burung ini merupakan lambang kehidupan Suku Dayak, sama seperti logo aslinya yang terdapat burung ini diatas.

3. Provinsi Kalimantan Selatan


Berbeda dengan 2 provinsi diatas, logo provinsi Kalsel memiliki dasar warna merah sehingga diaplikasikan kedalam benderanya, dengan sebuah logo berlian ditengahnya. Cantik juga sih jadinya.

4. Provinsi Kalimantan Timur


Memiliki warna hijau yang melambangkan zamrud khatulistiwa, dengan Talawang berukir berada ditengah dan berwarna Merah-Putih menyimbolkan bagian dari Indonesia.

5. Provinsi Kalimantan Utara


Terakhir ada provinsi termuda di Kalimantan. Warna biru muda pada bendera mengikuti warna dari logo aslinya dan ditengah terdapat motif dayak yang juga sering muncul di talawang sebagai simbol sederhana Kaltara.




Provinsi di Daerah Nusa Tenggara:

1. Provinsi Bali


Bungai teratai ditengah adalah lambang Singgasana Batara Siwa yang juga terdapat pada logo asli disisi bawah. Tidak dijelaskan apa arti warna putih pada bendera.

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat


Biru melambangkan kesetiaan. Hijau melambangkan kemakmuran. Putih melambangkan keluhuran yang berbentuk Menjangan. Dan kuning pada mata Menjangan melambangkan kejayaan.

3. Provinsi Nusa Tenggara Timur


Warna merah dan kuning berbentuk diagonal diambil dari logo asli provinsi (arti warna tidak dicantumkan). Kita semua tau bahwa di Provinsi NTT lah Komodo berada, maka haram jika hewan satu ini nggak dimasukin kedalam bendera.




Provinsi di Pulau Sulawesi:

1. Provinsi Sulawesi Selatan


Bintang melambangkan navigasi yang dipakai masyarakat Sulsel dahulu yang kebanyakan pelaut dan ahli pelayaran. Hijau melambangkan ketinggian islam. Putih melambangkan luasnya lautan dan merah melambangkan keberanian.

2. Provinsi Sulawesi Tenggara


Warna pada bendera dan logo tidak dijelaskan artinya. Ditengah terdapat siluet kepala anoa berwarna putih yang merupakan hewan khas Sultra.

3. Provinsi Sulawesi Barat


Warna hijau diambil dari warna gunung dan warna biru diambil dari warna laut yang terdapat pada logo asli. Ditengahnya diberikan Perahu Sande yang sedang berlayar ke arah kanan seperti yang ada pada logo.

4. Provinsi Sulawesi Tengah


Warna biru dan kuning berpotongan secara diagonal diambil dari warna dasar logo aslinya (tidak dijelaskan arti warnanya). Ikon ditengah berwarna putih diambil dari pucuk pohon kelapa yang terdapat pada logo asli provinsi, merupakan intisari dari simbologi kebudayaan masyarakat Sulawesi Tengah. Artinya sendiri adalah pucuk yang lurus menunjuk bintang melambangkan keteguhan hati dalam usaha mencapai cita- cita hidup.

5. Provinsi Gorontalo


Warna ungu memberi makna tenang, setia dan kebenaran serta harapan pada masa depan yang cerah. Bintang diambil dari logo asli provinsi. Entah tidak dijelaskan maknanya kenapa berjumlah tiga.

6. Provinsi Sulawesi Utara


Warna biru melambangkan kemakmuran. Makmur harus disertai kesucian dan ketulusan, dilambangkan dengan warna putih. Untuk itu kita harus menjadi seperti tunas kelapa: kuat, giat, dan tegar hidup dimana saja. Warna cokelat melambangkan cinta tanah air dan hijau melambangkan kesuburan. Tunas kelapa diambil dari logo aslinya.




Provinsi di Daerah Maluku:

1. Provinsi Maluku


Tombak melambangkan kesatria. Kesatria itu harus berani (warna merah), pintar dan berbudi (warna hitam), dan berhati suci (warna putih). Demi mencapai kemakmuran (warna hijau) di masa depan.

2. Provinsi Maluku Utara


Padi melambangkan kemakmuran. Bintang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Perisai melambangkan kekayaan alam gunung laut budaya Maluku. Warna merah dan hijau diambil dari logo asli.




Provinsi di Pulau Irian Jaya:

1. Provinsi Papua Barat


Warna biru muda diambil dari logo asli provinsi (tidak dijelaskan arti warnanya). Ditengah diberi Burung Kasuari dengan lingkar hijau didalamnya persis seperti logo aslinya.

2. Provinsi Papua


Warna hijau diambil dari gunung yang berada di logo asli, sedangkan merah juga diambil dari logo aslinya (sepertinya tanah). Ditengah diberikan ikon Tugu Trikora.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot