Nama Kuliner Lokal yang Bikin Merinding tapi "Wenak"

Nama Kuliner Lokal yang Bikin Merinding tapi "Wenak"


Dunia kuliner di Indonesia banyak sekali jenis dan ragamnya, yah cuma di Indonesia yang kaya dengan berbagai macam kuliner hingga terkenal ke mancanegara, dan diantara yang jadi favorite di mancanegara adalah Rendang, Nasi Goreng, Sate dan masih banyak lagi. 

Kalian pasi tidak asing dengan kuliner di Indonesia yang memiliki nama unik tapi juga ada yang seram, walaupun seram tapi tak seseram rasanya.


Justeru mengandung weenak dan 'maknyus' serta di antri pembelinya! Nama-nama unik dan seram ini menjadi strategi marketing atau sebagai daya tarik agar konsumen penasaran untuk mencoba dan kembali lagi untuk membelinya.

Apa saja di antara kuliner itu? Langsung saja berikut penampakannya.


Kuliner 01



ES POCONG 
Pemberian nama Es pocong buatan R. Ramadhani atau akrab di panggil pak Madun adalah sebuah ide yang terlintas begitu saja. "Suatu malam, saya menemukan nama Es Pocong. Feeling saya mengatakan, nama ini sangat unik dan pasti bikin orang penasaran. Padahal, saya juga belum tahu jenis dan bahan es ini," tutur Madun. 

Meski menu itu masih hanya dalam angan, Madun nekat saja memasang karton bertuliskan Es Pocong di depan kedai. "Kalau orang bertanya mana Es Pocongnya, saya bilang saja belum ada. Karena banyak orang yang tanya, saya baru berpikir, akan dibikin seperti apa es pocong ini," katanya sambil terbahak.



Untuk menemukan ramuan es bernama seram ini, Madun tidak main-main. Ia ngobrol dengan teman, keluarga, tetangga sampai mencari bahan di internet. Akhirnya,Madun menemukan racikan khas es pocong. "Bahannya campuran bubur sumsum, irisan pisang kepok rebus, moci (kue kecil khas dari Sukabumi, Red.), sirup Campolay khas Cirebon, lalu di atasnya diberi serutan es. Rasanya unik, manis, dan segar," ujar Madun sedikit berpromosi. Harga Es Pocong pun terbilang murah, hanya Rp 3500/ porsinya.

Kuliner 02


Mie SETAN 
Karena namanya "Mie Setan", bukan berarti mie ini adalah mie yang dibuat oleh/dari/untuk setan lo Gan. Mie setan ini merupakan salah satu dari aneka ragam citarasa kuliner khas Malang yang menawarkan kreasi rasa mie pedas. Mie Setan yang satu ini banyak digemari para pecinta pedas dan pemburu kuliner mie dari berbagai daerah, khusunya Malang. Jadi tak usah heran jika ente akan mengantri panjang untuk menikmati mie satu ini. Penasaran dengan rasanya? Meluncur saja ke lokasinya di Jalan Semeru, Kota Malang.


Kuliner 03



Mie IBLIS
Tak seseram namanya, Mie Iblis ini justru sangat menantang untuk dicoba, Gan. Sebab, nama Mie Iblis sendiri merupakan singkatan dari Ini Baru Lezat dan IStimewa. Tak hanya Mie Iblis, aneka mie dengan nama yang cukup seram juga tersedia di sini. Seperti misalnya Mie Genderuwo, Mie Suster Ngesot, Mie Kuntilanak dan Mie Pocong. Citarasa yang dihadirkan dari aneka mie tersebut ditanggung bakal membuat lidah ente serasa terbakar karena saking pedasnya. Nah, oleh karena itu, pesan juga minuman yang bisa menyejukkan seperti Es Santri, Es Kyai, Es Habib, atau Es Walisongo. Untuk menikmati kelezatan aneka menu tersebut, ente merapat aja langsung ke Jalan Kolonel Sugiono no. 122, Malang.


Kuliner 04



Mie BUTO IJO

Ini juga mie khas Malang yang dihadirkan dengan warna hijau dan citarasa yang sangat pedas!. Warna hijau yang dipakai untuk membuat Mie Buto Ijo ini diperoleh dari sari sayuran. Sebelum dihidangkan, Mie Buto Ijo ini terlebih dahulu dicampur dengan cabai giling yang disembunyikan di bawah mienya!. Lalu, Mie Buto Ijo akan disajikan bersama dengan pendampingnya seperti krupuk pangsit, daun slada, siomay, daging ayam, dan bawang goreng. Tak lupa juga semangkuk kuah hangat yang gurih. Untuk bisa menikmati kelezatan Mie Buto Ijo itu, ente bisa ke beberapa cabangnya di Malang. Yakni di Jalan Sulfat (sebelah Pujasera Rame-rame), Jalan Soekarno-Hatta (ex Paparon's Pizza), dan di Jalan Urip Sumahorjo (dekat Rampal).



Kuliner 05



MENDOAN IBLIS

Sebenarnya Tempe Mendoan biasa, yang diatasnya di beri tambahan telor mata sapi lalu diberi seperti saus untuk steak, ada mayonaise dan saus pedasnya. Memang rasanya jadi agak gado-gado (asin, manis, pedas), yaitu gurih dan asin di tempe mendoan dan telornya, rasa manis pada saus (kalau di menu tertulis daging giling), lalu topping paling atas adalah saus pedas. Untuk tempe mendoannya sediri tergolong enak, mulai dari bahan tempenya, juga tepungnya gurih. Mendoan iblis ini dapat kita nikmati dengan harga Rp10 ribu per porsi. Mendoan Iblis ini juga hasil karya kuliner pak Madu, Depok



Kuliner 06



NASI GORENG GENTAYANGAN

Nasi goreng gentayangan merupakan nama tempat makan di daerah jalan Ir. H Juanda 138 Bandung. 

Tempat makan ini menyajikan menu-menu “seram” yang tidak hanya hadir saat perayaan Halloween saja tetapi menjadi menu tetap dan andalan yang menjadikan tempat makan ini unik dan berbeda dengan yang lain. Menu lain yang patut dicoba antara lain Nasi Goreng Terowongan Casablanca, Nasi Goreng Suster Ngesot, Nasi Goreng Tuyul, Nasi Goreng Kuburan, Nasi Goreng Buto Ijo, Nasi Goreng Lawang Sewu, dan sebagainya. Nasi goreng di sini semua bercita rasa pedas. Level-level untuk rasa pedasnya cukup unik karena bisa membuat merinding, menakutkan, menyeramkan, mengerikan, dan angker. Ditambah lagi penyajiannya juga unik karena disajikan dalam wadah yang berbentuk peti mati. 



Kuliner 07



 KUE KUBURAN

Cakes yang menyerupai bentuk kuburan ini membuat kita bergidik begitu melihatnya. Tetapi jangan kabur dulu Gan, karena rasanya dijamin nggak bakalan bikin kamu mati ketakutan kok. Special Halloween cakes ini didominasi oleh rasa cokelat yang membuat kamu lebih rileks. Cakes yang seram tapi menggemaskan ini bisa kamu dapatkan di jl. Re. martadinata no 17 Bandung.



Kuliner 08



ES SARANG KUNTILANAK

Es sarang Kuntilanak adalah minuman segar yang menggunakan bahan dasar tumbuhan alam dan jelly dan disajikan secara dingin bercampur es. Sajian minuman dingin ini sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah renta sekalipun, Gan. Menurut pejualnya di Bekasi, dengan harga ekonomis dan terjangkau oleh siapa saja, maka menjadikan minuman es ini favorit bagi siapa saja tanpa mengenal kelas.



Kuliner 09




Es BUTO IJO

Es buto ijo asli khas kendiri jawa timur ini mungkin dari tampilannya yang sangat menarik . yah memiliki warna ijo dari sirup rasa melon yang disajikan memang lain daripada es pada umumnya Gan. Karena biasanya kita akan dihidangkan es segar dengan sirup merah , berbeda dengan es buto ijo karena menggunakan sirup berwarna ijo . jadi di sebutnya es buto ijo.


Kuliner 10


NASI GORENG BUTO IJO
Menurut Chef Adi , si pembuat atau pencetus resep nasi goreng buto ijo, ini adalah nasi goreng yang mempunyai keunikan dari rasa dan dalam penyajiannya. Warna hijau dari nasi goreng ini di buat dari sayur sawi hijau yang diblender bersama cabai rawit dan cabai hijau sehingga mempunyai rasa pedas yang sangat khas. Nasi goreng buto ijo ini di masak dengan tambahan potongan ikan kakap, udang windu dan cumi segar, dan tidak lupa juga acar gerkin sebagai topping untuk menambah rasa yang khas untuk nasi goreng buto ijonya. 


0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot