Sejarah Korek Api "Zippo"


Sejarah Korek Api "Zippo"




Pada masa sekarang korek api Zippo bukan hanya berfungsi sebagai korek api melainkan sebagai benda koleksi . Korek api zippo cukup di minati para kolektor. Zippo merupakan merek dari korek api asal Amerika dipasarkan sejak tahun 1930-an. Merek dagang Zippo menjadi salah satu ikon kualitas kerajinan tangan Amerika. Pabrik Zippo didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G. Blaisdell. Produk pertama mulai diluncurkan sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Produk mula-mula dipajang di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi-inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.


Nama Zippo sendiri berasal dari kata Zipper (retsleting) diplesetkan menjadi Zippo. Zippo pertama didunia ini dijual seharga US$. 1.95 dan dijual untuk umum. Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan, bentuknya memang sudah segi empat. Tapi bentuk sudutnya benar-benar kotak. Sedangkan kini, hampir semuanya, sedikit melengkung pada bagian pinggirnya. Bagian luarnya dibuat dari tabung braso kotak dilapis cat atau dilapisi krom. Sementara, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar.


Letak engsel berpindah ke bagian dalam, pada tahun 1936. Dan setiap tahun, dekorasi serta perkembangan terjadi di sana-sini. Tahun 1935 merupakan titik penting bagi pemasaran Zippo saat diluncurkan suatu iklan khusus untuk produk Zippo. Pada 1939, lapisan luar Zippo mengandung emas 14 karat diperkenalkan kepada publik. Pada perang dunia II, Zippo menjadi korek api resmi tentara Amerika, dimana korek api ini terkenal sangat kuat dan berguna di segala medan tempur. Pada saat perang itu, Zippo dapat digunakan untuk memasak ransum tentara, menyalakan api unggun, sebagai sekering untuk memicu bahan peledak, memalu paku dan bahkan isyarat kepada sesama tentara dengan klik Zippo yang terkenal. Pada beberapa kesempatan, Zippo bahkan menyelamatkan nyawa dengan membelokkan peluru. (key)

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot