Prakiraan Cuaca Dunia: El Nino 2015 Terkuat Sepanjang Sejarah

Prakiraan Cuaca Dunia: El Nino 2015 Terkuat Sepanjang Sejarah



El Nino dinyatakan kuat jika rata-rata suhu muka laut itu bertambah di atas 1,5 derajat Celcius. NOAA kini memperkirakan bahwa suhu muka laut kini bertambah 2 derajat Celcius atau lebih.   Jika suhu muka laut wilayah Nino 3.4 rata-rata  suhu bertambah antara 0,5-1 derajat Celcius selama 3 bulan pemantauan, maka US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyatakan El Nino lemah. 
 
Demikian seperti dilansir dari jurnal ilmiah Nature edisi 14 Agustus 2015 dan 20 Oktober 2015 yang ditulis detikcom, Jumat (23/10/2015). Sebagai perbandingan saja El Nino terkuat yang pernah tercatat terjadi antara tahun 1997-1998 dengan suhu muka laut bertambah 2,3 derajat Celcius di atas rata-rata.  
 
Nah, prakirawan mengatakan El Nino tahun 2015 ini berbeda karena dua hal. Pertama, hal yang tidak biasa adalah El Nino ini berawal sangat dini, Maret daripada Juni.  

 
"Ini bisa jadi karena air hangat yang tersisa dari El Nino yang lemah tahun lalu sebagai awalannya," jelas Anthony Barnston, Kepala Prakirawan International Research Institute for Climate and Society dari Columbia University, Palisades, New York. 
 
Kedua, tahun ini merupakan kali kedua El Nino datang berturut-turut setelah El Nino lemah tahun lalu. Sebelumnya, fenomena yang sama, El Nino lemah diikuti El Nino kuat berturut terjadi antara tahun 1986 - 1988. Namun prakirawan memprediksi bahwa El Nino kuat tahun ini lebih kuat dari pada El Nino tahun 1986-1988. 
 
Imbas di Dunia 
 
Terakhir kali El Nino kuat pada tahun 1997-1998, terjadi cuaca ekstrem dan banjir menewaskan ribuan orang dan meninggalkan seperempat miliar orang di Asia menjadi tunawisma. Hal ini juga membantu untuk mendongkrak suhu global ke titik yang tidak pernah direkam sebelumnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot