Kabut Asap Lintas Negara, dari Kalimantan Hingga Filipina

Kabut Asap Lintas Negara, dari Kalimantan Hingga Filipina



Bencana asap tahun ini disebut sebagai terburuk sepanjang sejarah. Meski negara-negara tetangga telah membantu, tapi tetap titik api tak terkendali, bahkan meluas. Saat ini, asap telah melintas hingga ke Filipina.

"Asap lintas batas negara. Asap menutup langit Sumatera-Kalimantan-Malaysia-Singapore-Filipina pada 24-10-2015 10.20," tulis Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di akun twitternya, Sabtu (24/10/2015).




Sementara itu media Filipina, philstar.com, melaporkan bahwa asap yang menyelimuti Mindanao, wilayah negara bagian selatan, sejak pekan lalu, berimbas pada kegiatan pemantauan cuaca.

* Warga Thailand 'Terganggu' Asap dari Indonesia

Alan Gelani, pengamat cuaca dari BMKG setempat mengatakan kabut berat berada 5.000 kilometer di bawah langit.

"Kegiatan pemantauan cuaca terkena dampaknya seperti visibilitas dan pengamatan jumlah awan. Jadi karena gangguan dari kabut asap maka laporan kami di sini terbatas," kata Gelani. Kabut asap itu kiriman dari kebakaran lahan di Indonesia.

Kantor Transportasi Udara juga terus berkoordinasi terkait dengan jarak pandang. Sementara itu, petugas kesehatan dr Rodelyn Agbulos mengatakan warga di desa-desa dataran tinggi mengeluhkan masalah pernapasan. 

(sumurbor)

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot